An urban lady diary

Financial Planning For Fresh Grads

on
Tuesday, June 19, 2012
In my aunty's home

Setelah aku belajar mengenai perbankan dan finansial demi masuk ke salah satu Bank di Indonesia (yang akhirnya menolak saya waktu medcheck, check my previous post), aku pun semakin aware sama yang namanya keuangan dan hal yang berbau ekonomi. Apalagi setelah melihat jumlah uang yang harus dibayarkan untuk biaya masuk kuliah adek ku sekarang yang naik banget dibanding jaman ku waktu kuliah dulu. Hal tersebut membuat aku harus semakin aware dengan financial thingy. Yeah sometimes money become the scary thing, but once you can manage and handle it, it'll be easy for you. Dan ini yang akhirnya meng-encourage aku untuk mau mempelajari tentang perencanaan keuangan dan produk-produk finansial yang semakin banyak. Wawasan tentang finansial penting bagi saya dan wawasan ini gak memerlukan seseorang dengan latar belakang pendidikan ekonomi atau bisnis untuk mempelajarinya, siapapun bisa belajar tentang hal ini.

Di sini aku akan share sedikit tentang hal tersebut, yang aku ambil dari buku Untuk Indonesia Yang Kuat karangan Ligwina Hananto, seorang perencana keuangan dan pendiri QMFinancial. Aku juga suka mendengarkan tips-tips dari beliau melalui radio HardRock FM dalam acara Financial Clinic nya. Aku akan bahas mengenai bagaimana merencakan keuangan bagi seseorang yang baru aja lulus. Let's check these!
  • Sisihkan 10% saja dari penghasilan bulanan anda, Ini untuk masa depan anda.
  • Penuhi dua tujuan finansial terpenting, yaitu: dana darurat dan dana pensiun. Misal anda memiliki Rp 300.000/bulan untuk investasi, maka anda dapat membagi Rp 200.000 masuk ke tabungan dana darurat dan sisanya masuk reksadana saham untuk dana pensiun.
  • Last but not least, siapkan tujuan finansial yang nggak penting. Dana dari tujuan finansial satu ini berguna untuk kita dalam hal bersenang-senang,hehe. Setelah kita bekerja keras tiap hari, boleh lah ya kita menikmati hasil keringat kita. Fresh grads gear up! Tell me what you wanna spend your money on?. Nah tujuan ini juga penting, supaya anda termotivasi menyisihkan lebih banyak. Biasanya sih setelah bisa tercapai, tantangan berikut jadi lebih serius.
Nah sekian tips finansial dari aku. Lain kali aku akan share lagi tentang perencanaan keuangan. Oh ya untuk quick financial check up bisa anda lakukan di website  QMFinancial. Selain itu anda juga dapat melakukan perhitungan mengenai berapa dana darurat, dana pensiun, dana kesehatan yang akan anda butuhkan nantinya. Okay guys, cepet dilakukan ya, prepare your future starts from now! biar gak melarat ceritanya. Inflasi itu nyata lo kawan, jadi harus pinter-pinter manage uang. Okay, enjoy planning!.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature