An urban lady diary

Financial Tips #2

on
Friday, June 22, 2012
In my aunty's home

Here it is, I give You new tips about financial planning. These tips I take from QMFinancial website. I just show tips that related for the one who wanna invest their money but don't what to do, the one who has just graduated, the one who wanna make their financial planning, the one who wanna manage their money well. Okay, happy reading! enjoy!

Q3 #finclic RT @sofyari: Mbak kl kt lagi studi diluar negeri lebih baik saving bulanan disimpan di bank atw LM?
A3 Produk sangat tergantung tujuannya. Kl sdg di LN, kebutuhan jk pendek semua (<3thn) akhirnya sesuai tujuan » Tab/Depo saja #finclic
Q4 #finclic RT @nurullaily: pls ksh tau donk kelebihan/kekurangan dari sukuk bank syariah. Pingin ikutan beli tp gak paham nih… Makasih
A4 a) sukuk bukan diterbitkan bank syariah. Sukuk itu surat berharga yg dikeluarkan negara. Spt ORI tp dg prinsip syariah #finclic
A4 b) sukuk sgt rendah risikonya (ada yg dianggap riskfree) krn dijamin oleh negara. Masuk 10jt, stlh th tempo keluar bulet 10jt jg #finclic
A4 c) “kupon” sukuk lbh tinggi drpd “bunga” deposito. Sukuk dijamin negara. Deposito dijamin LPS. Sukuk dlm pecahan biasanya Rp5jt #finclic
A4 d) kelemahan sukuk? Kupon sukuk keluar ke Tabungan. Beda dg kebanyak RD yg hasil investasi menggulung dg pokok #finclic
A4 e) jd gw sering ketemu: beli sukuk, stlh jatuh tempo terima uang bersih tp bingung kok “gak ada return”. Pdhl kupon ke Tab habis #finclic
A4 f) dlm Plan: sukuk u tujuan sesuai jk wkt sukuk atau High Networth Indiv beli jumlah besar, hidup dr kupon END. #finclic
Q6 RT @Reckyaprilliano: ngumpulin duit buat dp rumah dulu, apa buat nikah dulu?, #finclic
A6 gak tau de, sayah mah sudah menikah mau 12thn. Kl nunggu punya rmh dulu waduh kasian :p #finclic
Q7 #finclic RT @ughaz: mba, kl cairkan dpsito utk pindahin ke RD bagaimana?
A7 Deposito dipindahkan ke Reksadana » tergantung #TujuanLoApa. Kl cuma ngiler return mending gak usah. Kl udh ngerti risiko, bisa! #finclic
Q9 #finclic RT @dheaditya: mba apakah investasi menggunakan tabungan khusus dana pensiun yg byk ditawarkan bank cukup baik ?
A9 a) there’s no such thing. Yg ada : Tabungan dg jk wkt. Kl umur <40thn hanya menabung dlm jumlah kcl, ntar gak nyampe DaPens nya #finclic
A9 b) DaPens klien <40thn yg cm bs menyisihkan jmlh kcl harus dg investasi agresif krn lawan inflasi. Biasanya RDC atau RDS. END. #finclic
Q10 #finclic RT @Meiloveina: ngikutin TL tp ngga ngerti PU ,PT , RDC &RDS means *kayabacabbmalay :(
A10 RDPU: Reksadana Pasar Uang. RDPT: RD Pendapatan Tetap. RDC: RD Campuran. RDS: RD Saham. 1lg RDTP: RD Terproteksi :p #finclic
Q11 #finclic RT @bundaaza: Ibu Wina…..kalo mo finplan yang bener tuch mulainya darimana dulu sich Ibu??? *pemula*
A11 #finclic selalu mulai dg proses pengenalan diri. Cobain QuickCheckUp di http://qmfinancial.com & mulai bertanya: #TujuanLoApa
Q14 RT @iyei14: #finclic apa untung dan ruginya investasi sekaligus vs. Investasi reguler di reksadana?
A14 a) riset dari MI yg nunjukin kl invest reguler kecil2 tp rutin bisa lbh tahan banting saat ketemu tahun2 volatile (2005,2008) #finclic
A14 b) invest sekaligus / lumpsum : artinya gak usah tambah2 lg. Tinggal review aja. Tp siap deg2an gak kl nilai naik turun? #finclic
A14 c) maka u pemula lbh disarankan investasi reguler. Biarpun sdkit2 tp rutin di tgl sama u jk pjg. Yg penting tau Tujuan. END #finclic
Q15 #finclic RT @Gatz_Raditya: mbak,investasi itu baiknya berapa % dari pendapatan setiap bulan?
A15 Rasio yg sehat : 10-30% dr Penghasilan Bulanan harus bisa disisihkan. Bisa di Tab/Depo/RD tergantung Tujuan #finclic
Q16 penting! RT @sittakarina: ktnya efek domino krisis Eropa bakal sampe Ind, apa yg hrs dilakukan investorRD yg profilnya agresif? #finclic
A16 a) krisis dunia pasti sampe Indonesia. Yg perlu kita waspadai adalah : efeknya sampai mana? Ambil cth efek krisis 1998 & 2008 #finclic
A16 b) krisis98 terjadi terutama di Asia Tenggara. Mata uang regional runtuh semua. Rantai yg ikut terseret adalah : utang di bank #finclic
A16 c) kondisi kita di 98 tdk sanggup menahan rontoknya nilai tukar Rp dan buruknya utang gagal byr di bank. Krisis terburuk terjd #finclic
A16 d) dr sisi finplan hal terburuk krisis98: perusahaan2 besar lakukan layoff bahkan tutup. Menyebabkan naiknya angka pengangguran #finclic
A16 e) jd dlm finplan krisis ekonomi di luar efeknya tdk akan besar kl kondisi keuangan kita kuat. Yg bahaya: tdk punya penghslan #finclic
A16 f) thn2008 krisis mulai di AS, efeknya sampe ke Eropa. Indonesia kena jg. Paling terlihat dg turunnya IHSG s/d ± -50% #finclic
A16 g) 98 : kl punya uang di Deposito di bank yg dilikuidasi, bisa repot nunggu lama cairnya. 08 : kl punya saham harga melorot #finclic
A16 h) jd efek domino krisis di luar pasti kena ke Indonesia secara makroekonomi. Tp secara finplan tergantung posisi kita spt apa #finclic
A16 i) investorRD hrs punya TujuanFinansial jelas. Krisis dtg, DD stabil krn tdk di RD berisiko tinggi. NAB/unit turun tetap invest #finclic
A16 j) jgn lupa, kl tdk diinvestasikan uangnya ke mana? Jd makan2, beli sepatu & liburan kan? Risiko tdk investasi lbh besar ;) END #finclic
Q17 #finclic RT @sonyradito: Mbak kl RDS, RDC, RDPT, bagusnya untuk jangka waktu brp lama? Thank you
A17 biasanya: RD PT 5-10thn, RDC 10-15thn, RDS >15thn. U rekomendasi hrs diskusi dg QMPlanner, hubungi @QM_Sales ya #finclic
Q23 #finclic RT @tirtamaliasakti: Klo blh tau mba wina invest utk dapend RD nya kmn aja? Mksdnya invest LM ato yg lain?
A23 u DD: RD, EmasLM. U DaPend: RD. U DaPens: RD, Bisnis, Properti. Tp gw punya Plan yg sgt jelas. Lo udh punya Plan? ;)
Q24 #finclic RT @edithratna: Mana yg diprioritaskan..DaPend,dana pensiun,dll ato invest rmh/ruko?Kpn hal2 tsb baiknya dimulai? *awam nih mba
A24 having a plan = getting to know ur plan. U decide ur own priorities. QMPlanners are there to assist not to decide for u #finclic
Q26 #finclic RT @norm_tan: sdg studi d LN, sudah memiliki RD. nabung /bln d LN utk biaya 2 thn paska skolah. Apa RDsama/baru/produk lain?
A26 tujuan jk pdk = yg pasti2 aja, yg aman2 aja, uang suruh parkir» Tab/Depo/RDPU. “Judul” tujuan jg pengaruh. Beda kl cm u liburan #finclic
Q30 #finclic RT @ChiIndri: tdk ada tunjangan kesehatan dr kantor, smntara cm bs sisihkan less than 300rb. Asuransi ato ditabung aja?
A30 perlu punya Asuransi Kesehatan murni, sistem kartu, periksa fasilitas kamar brp Rp/mlm & plafon kl diopname #finclic
Q31 #finclic RT @go_go_red: lebih penting untuk punya asuransi jiwa atau dana pensiun dulu? (untuk single)
A31 single tdk ada tanggunan (=tdk ada org yg gak makan kl kita meninggal) » tidak perlu AsJi. Dapens semua perlu #finclic
Q35 #FinClic RT @rifa_rifa: dana pensiun yang disarankan itu dalam bentuk financial product seperti apa?
A35 Dana Pensiun = Tujuan Finansial. Tabungan/Reksadana/Emas = Produk. Produk harus melayani Tujuan. Produknya apa? Gmn Plannya :p #FinClic
Q39 RT @airaafani: #finclic teh wina, worthed ga unt dilanjutin DPLK yg nominalnya kecil? Atw mending pindah ke RD?
A39 saat ini rekomen DPLK dr perusahaan dg sistem kontribusi ganda: dr karyawan DAN dr perusahaan. DaPens tetap bikin RD terpisah #FinClic
Q41 #FinClic RT @mrsdayan: Mbak Wina kalau sy mau ngumpulin DD, apakah invest rutin/bln atau menabung? Tks
A41 DD = DanaDarurat bisa dg menabung rutin » biasanya tercapai dlm 2-3thn tergantung kemampuan. Pelan2 aja yah! #FinClic
Q42 #FinClic RT @danuriyan: trus deposito di taro di porsi mana? Dapend? DD?
A42 Deposito dlm DD » http://ads2.kompas.com/layer/konsultasi/ligwina/tipsapp/detailtips/14 #FinClic
Q43 RT @sipitry: #finclinic: mba kalo udh trlanjur ikut invest unitlink jgk wktu 10thn dgn byr bln’an 150rb/bln itu gimana?
A43 gw gak rekomen Unitlink = Tabungan Investasi = produk2in1. Mampir ke http://qmfinancial.com ada 3artikel berseri #FinClic
Q47 *nyeburgot7x* :p he3 #FinClic RT @demardeen: mba bedanya investasi di RD sama unitlink apa? which one better?
A47 RD=wadah u investasi kolektif. Unitlink=asuransi di dlm di+ unit investasi spt RD. Gw gak rekomen UL. Liat http://qmfinancial.com #FinClic
Q48 #FinClic RT @santishiva: gak punya DD tp ada asset, suka tergoda ambil klo tau punya cash banyak, oke gak? atau tetap dipaksain simpan?
A48 DD tetap hrs punya. Pernah ketemu kasus ky gitu » akhirnya mau beli Emas u DD nya :) tp keukeuh gak mau Tab/Depo. Ya udah deh #FinClic
Q53 #FinClic RT @ventidini: gmn biar konsistn bisa nabung ya mbak, susah sekali nabung di gaji ke 6 :)
A53 nabung/invest baru bisa rutin n niat kl ada yg dituju » #TujuanLoapa. Jd jgn dianggap remeh. Sabotase terus mau sampe kpn? ;) #FinClic

Thank you for Mrs. Ligwina Hananto, you're inspiring me and your tips are very helping me :)

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature