An urban lady diary

Not So Unusual Wedding Prep

on
Tuesday, November 25, 2014

Hi all...I'm back! from a very long hiatus..hahaha.Actually ide untuk nulis ini itu ada segambreng tapi eh tapi niatan nulisnya itu lo yang gak ada. Mau mulai nulis, eh kok enakan browsing ya..mau nulis, eh kok enakan nonton drama dulu ya. Dan baru sekarang diniatin buat nulis disela-sela hectic nya kerjaan karena lagi cut off dan mau go live dan disela-sela wedding prep yang super rempong dan bikin pengen teriak teriak.

Pengen sih bahas persiapan weddingnya, tapi uda biasa ya seorang bridezilla bahas wedding prep nya. Jadi maunya aku review vendor-vendor nikahan kalo udah final aja. Sekarang mau share apa aja sih yang harus dipersiapin seorang newlywed selain rempong dengan vendor ini itu. Okay check this out!.

1. Money After Wedding Party

Nah ini perlu dipikirin banget, jangan sampai uang sudah terkuras habis untuk biaya nikahan. Kalau uda habis ntar habis nikah kita makan apa coba kalau tak ado duit. Paling nggak sisain uang untuk biaya sehari-hari selama 2-3 bulan. Apalagi kalau yang mau pindahan habis nikah, wah butuh biaya extra nih untuk pindahan (apalagi antar propinsi pindahnya *curhat* ).


2. Tempat Tinggal

Habis nikah mau tinggal di mana? ini perlu banget didiskusiin bareng pasangan. In my dict, aku pribadi gak mau tinggal di rumah mertua pondok indah ya. BIG NO!. Mending kost, sewa, atau kontrak kalo belum mampu beli rumah pribadi ya. Kalau uda bisa beli sendiri alhamdulillah banget ya, syukur2 ga pake kredit *ngarepbanget* haha. In my case, karena ingin terus mendampingi pasangan *cieeee* jadi ya harus ikut tinggal dimana pasangan bekerja. Bisalah beberapa bulan sebelum nikah udah mulai browsing sana sini buat cari tempat tinggal. Usahakan tempat tinggal itu yang strategis, meaning dia deket sama fasilitas2 yang kita butuhkan dan bisa ditengah2 antara kantor istri dan suami. Selain itu yang terjangkau sama transportasi ya. Ini tips memilih tempat tinggal secara umum ya kalo memilih rumah pribadi itu lebih detail nanti kriteria nya. Kapan2 deh bisa diceritain.

3. Kendaraan

Nanti kalau habis nikah mau ke mana-mana pakai kendaraan apa ya. Ini perlu dipikirin juga. Syukur2 kalau sebelum nikah uda punya kendaraan pribadi sendiri ya, gak usah mobil dulu...motor aja uda cukup kok. Karena denga punya kendaraan sendiri kita bisa lumayan ngirit. Kalau belum punya kendaraan gimana dong? nah ini nanti berpengaruh ke pemilihan tempat tinggal yang harus terjangkau dengan berbagai macam moda transportasi.

4. Kerjaan

Kalau kerjaan kita sama pasangan uda satu kota sih gak perlu repot2 dipikir lagi ya. Yang repot adalah ketika beda kota, yeah..it's me!. Karena aku sendiri sudah berkomitmen untuk terus menemani (haha..jijik banget ya bahasanya) jadi ya harus resign dari kerjaan. Syukur2 kalo kantor punya cabang di kota yang sama dengan suami jadi bisa minta dimutasi. Gak sayang tuh resign? kan uda comfy...ntar kalo resign keuangan bisa terganggu lo, apalagi kalo salary dikerjaan baru gak segede yang sekarang...balik lagi ya ke komitmen awal ketika kita memutuskan untuk nikah. Rezeki sudah ada yang ngatur kok, jadi tenang aja serahkan semuanya pada YME. Lagian juga dengan nikah katanya dapat membuka pintu2 rezeki kita ya kan. Aminnnn.

5. Family Financial

Keuangan setelah nikah perlu dibahas banget dengan pasangan. Jangan cuma bahas yang enak2 aja kayak honeymoon ke mana ya ntar, ntar bikin rumah modelnya gimana ya, etc. Perlu dibahas sistem keuangan suatu pasangan, apakah nanti si suami akan memberikan seluruh gaji pada istri dan membiarkan istri yang ngatur semuanya atau gaji diberikan beberapa persen pada istri dan sebagian kecil untuk uang jajan suami. Perlu juga dibahas mengenai pembagian pos pengeluaran yang disepakati kedua belah pihak.

6. Baby

Mau punya baby kapan nih? langsung atau nunggu setaun dulu karena masih ingin pacaran lama2 sama suami...it's all your decision.

7. Referensi Rumah Sakit bersalin beserta dokter obgyn dan DSA nya

Terkesan visioner sekali yaa, ya tapi memang i'm detailed person, i love to organize and plan every detail, i'm a control freak. Jadi ya gak ada salahnya kalo kita mulai cari2 rumah bersalin dan dokter utk bersalin. Apalagi yang berencana untuk segera punya anak setelah nikah. Kalo bagi aku ini penting karena aku akan pindah kota, which is aku harus kenal betul medan dimana aku tinggal nantinya jadi mulai cari2 dari sekarang..gak mau kan ya sampe salah pilih, apalagi karena kondisi kesehatan aku yang spesial yaitu minus tinggi dan retina yang tipis jadi harus hati2 milih obgyn, kalo bisa yang Pro ASI, Pro vaginal delivery, Pro IMD. And believe or not sampe2 untuk DSA aku juga uda cari2, haha.

8. Referensi Daycare

Nah untuk wanita karir atau ibu bekerja, ini perlu dipikirkan. Mau dititipkan ke mana nantinya anak kita ketika kita sedang bekerja. Kalau ada keluarga yang tinggal sekota enak sih ya, kita bisa nitipin anak kita. Kalau gak kayak aku (ada sih..tapi kan cuma om tante, ga enak juga nitipin ke mereka yang juga punya cucu masing2), ya daycare adalah alternatif jitu. Kenapa gak sewa babysitter aja? honestly aku masih parno sama yg namanya babysitter. So much bad story about them. Asiknya daycare itu gak hanya penitipan anak tapi disitu juga ada kegiatan, terus makan juga dikontrol, ada kunjungan dokter nya, dan yang penting ada cctv. Banyak banget kok sekarang daycare di perkotaan dengan berbagai macam fasilitas yang ditawarkan. Minusnya harganya ya bok bikin nangis, berkisar 2,5-3,5 jt per bulan.

9. Referensi PG / KB

Yaelah bok, ini kan bisa dipikirin ntar aja waktu anak lahir. Eh tapi apa salahnya dipikirin dari sekarang, karena penting banget nge plan biaya pendidikan anak sedini mungkin. Kalo uda tau patokan biaya sekolah inceran, kan kita uda bisa mulai nabung. Based on searching result, biaya sekolah PG/KB uda mihil2 bok, kalo gak nabung sedini mungkin alamat pusing tujuh keliling ya. PG inceran ku aja uda mematok SPP 1,3 per bulan...itu PG loh yah belum SD, SMP, SMA, etc. Be strong parents!.

That's all what i can share, kalo ada yang mau nambahin apa aja yang harus dipersiapkan selain di atas bole ding ya di share. Semoga bermanfaat!
1 comment on "Not So Unusual Wedding Prep"
  1. Waaaah.. seru kaya'nya!!!! > <
    It's about your wedding, right?
    Semoga dilancarkan acaranya ya, El! :)
    Ikutan seneeeeng. Sayang nggak bisa ikutan ngerusuhin T____T

    Barokalloh, sayang ^ ^
    Salam peluk dari jauh! :*

    ReplyDelete

Custom Post Signature

Custom Post  Signature