An urban lady diary

Enhance My Blog

on
Friday, October 23, 2015

Enhance and Optimize Blog


Enhance My Blog - Setelah sempat terabaikan, teracuhkan. dan ter ter lainnya akhirnya ini blog mulai diurus lagi secara workload uda mulai berkurang jadi mumpung nih ya mumpung yauda lah mulai ngoprek ini blog. Kasian banget kan secara uda tampilan tak indah kayak kali yang kumuh, pos juga ngap ngap an, kering kerontang lah pokoknya. Jadi ini blog berasa mati segan hidup tak mau. Dan dengan segenap hati jiwa dan raga kubulatkan tekad untuk mulai aktif nge blog lagi *apasih apadong* .

Dimulai dengan merombak tampilanya yang sangat oh-so-monoton dan gak indah. Tau sendiri kan warna theme blog sebelum ini itu hitam dan kuning bok, ya ampyun dark banget kan. Padahal eik kan bukan anak emo, padahal aku penganut simplicity ala skandinavian style gitu, padahal aku anaknya pastel color banget. Ga tau kesetanan apa kok bisa bisanya pasang theme seperti ituh. Uda gitu layout nya berantakan, blog roll aku terlalu panjang kayak tembok cina, Side bar aku acak adul lah. Jadi apa aja yang aku lakukan untuk memperindahnya? simak terus ya mungkin aja bisa jadi tips buat yang mau mempercantik blog nya.



- Background diubah dengan warna yang light dan sesuai kepribadian. Warna light ini bikin mood yang baca lebih bagus loh, ini juga berpengaruh ke mood untuk nulis. Untuk color guidance bisa diliat di sini. Kalau pengen font, pattern, atau backgorund yang seru bisa tengok ke Creative Market tapi sayangnya ini berbayar, kalo pengen yang gretong bisa browsing aja di pinterest.
- Pilihlah theme dan layout yang simpel ya. Ini ngaruhnya ke optimasi blog juga sih. Semakin simple semakin gampang blog diakses melalui media mana aja.
- Header yang norak abis dan nampilin foto ala kadarsih itu harus diganti donggg biar gak malu maluin. Usahakan header nya yang eye catching ya dan lagi lagi yang simple aja, yang penting bisa merepresentasikan keseluruhan content blog kamu *words*. Jadi di dalam header harus ada judul blog mu gitchu. Belum bisa photoshop, gampanggg...di Canva kamu bisa desain dengan mudah like a pro.
-  Usahakan side bar itu jangan terlalu rame ya, jangan semua widget ditambahin ke sidebar. Bisa jereng mata ngeliatnya. Jadi dulu sidebar aku rame sekali gara gara blog roll yang bejibun dan akhirnya diakalin dengan cara naruh di page tambahan aja.

Nah setelah tampilannya uda diperbaiki maka kita bisa beralih untuk organize content nya. Selama ini content blog aku gak SEO friendly lah pokoknya, bisa bisa nangkring di peringkat paling bawah sendiri. Gak terlalu ambisius juga buat bikin ini blog jadi peringkat yang atas atas, tapi berhubung lagi dalam rangka ngoprek blog yauda sekalian aja implemen trik trik untuk SEO. Berikut tips tips untuk organize content :

- Sebelumnya label postingan aku itu ada yang dobel padahal satu tujuan, Misal ada label wisata dan rekereasi, kan harusnya sama aja kan ya. Yaudala mulai nyortir post post dengan label label yang sama. Pokoknya ngerapiin label supaya lebih gampang dalam hal filing dan kategorisasi.
- Mulai masang meta tag, apa itu meta tag? bisa googling sendiri aja pengertiannya karena uda banyak banget orang yang jembrengin pengertiannya. Untuk tutorial pemasangannya bisa di liat di sini . Meta tag ini membantu kita dalam hal per SEO an.
- Customize link post kamu, he eh supaya gampang aja bacanya dan pencariannya.
- Pasang lokasi di post kamu, katanya sih ini juga bikin ngaruh ke SEO nya.
- Kalo pasang image di postingan jangan lupa tulis keterangannya, ini juga bikin optimalisasi SEO.
- Pasang about me di blog kamu juga berguna sebagai portfolio kamu loh.
- Kalo perlu tambahin halaman disclaimer di blog kamu juga boleh.
- Nah supaya postingan kamu gak tampil kepanjangan di halaman utama kamu bisa gunain fitur jump break untuk cut bagian tertentu yang akan tampil.
- Setiap postingan kamu kasi judul yang ngelink ke blog post mu tersebut.

Selanjutnya it's time for ngorbitin blog kamu, hehehe. Ada banyak cara menuju roma, ada banyak cara supaya bikin blog kamu ngehits abis. Ini tips tips nya dari aku yang masih nubitol :

- Sering sering blogwalking ya terus ninggalin comment. Ini juga salah satu cara untuk optimalisasi SEO lho. Tapi kalo comment jangan ninggalin link hidup ya, biasanya para blogger gak suka blog nya ditinggalin link hidup. Link hidup ini sebenarnya bisa dihapus otomatis lo, tutorialnya menyusul ya.
- Saling pasang back link deh kalo ada temen baek yang punya blog juga. Ini berguna banget demi keeksisan blog kamu.
- Jangan lupa kalo posting share ke medsos kamu lainnya, terutama google+ . Katanya ini bisa mempengaruhi traffic blog kamu, bener gak sih?.
- Daftarin blog kamu ke komunitas komunitas blogger selain ajang silaturahmi bisa nambah popularitas si blog. Misalnya aja daftarin ke bloglovin (caranya bisa lihat di sini) atau ke perempuan blogger.

Nah sekian dulu sharing pengalaman upgrade blog dan tips tips nya, semoga bermanfaat ! happy


post signature








2 comments on "Enhance My Blog"
  1. semangat ngeblog mba.... siip buat tips seonya.... aku cobain deh..
    makasih...
    salam kenal dari Riau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii nova...salam kenal juga ^^ , semoga berguna...

      Delete

Custom Post Signature

Custom Post  Signature