An urban lady diary

Mi Casa (Part 1) : Pilih Rumah

on
Thursday, December 10, 2015
Image From Google


Serba serbi memilih rumah - Postingan kali ini aku akan sharing lika liku dalam memilih rumah yang udah pernah aku alamin. Pusing???? pastinya, capek???cencuhhh dong. Milih rumah sama kayak milih pasangan lah, kamu akan milih suatu lingkungan di mana akan menjadi tempat istirahat, melepas penat, tempat berkumpul sama keluarga, bahkan it will be the environment where you'll raise your children. Noh kan sama kayak pasangan, kamu milih seseorang yang bakal akan ada di sekitarmu terus, yang jadi temen kamu sepanjang hidup, yang jadi temen curhat. Makanya itu harus pinter pinter milih lokasi rumah kita. Search a house that can be your home, your heart to stay *tsaaah*.

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, banyak banget drama yang udah dilewatin. Karena secara kerjaan aku yang gonta ganti client bisa memungkinkan aku kerja di tempat yang random lah. Untungnya tempat kerjaan le husband gak ikutan random, at least there is someone who is working in permanent place. Jadinya kita maju mundur terus mau beli rumah. Dan setelah melewati beberapa renungan *haiahhhh*, finally kita mutusin yaudalah beli rumah yuks keburu harganya tambah gak masuk akal (kan secara harga naik tiap senin ya laughing ). Setelah keluar masuk pameran dan melalui jalan berlika liku akhirnya terpilih Depok untuk tempat tinggal kita. Why? karena tempat kerja kita emang lebih dekat ke daerah Jaksel jadi gak mungkin banget kan ya pilih Bekasi. Mau daerah Serpong atau Bintaro eh udah out of budget aja rumah daerah sana, buset lah. Ntar aja kali ya buat rumah selanjutnya, amin nya mana sodara sodara??? aminnnnn.

Berikut seputar tips tips untuk memilih rumah ya :

- Pilihlah rumah dengan lokasi yang strategis, selain mudah ketika mau bepergian, rumah yang strategis lokasinya bisa mendongkrak harga jual rumah kamu ke depannya. Ingat harga rumah akan terus naik!. Misal pilih rumah yang dekat dengan pusat perbelanjaan, pasar, atau jalan tol. Pilih rumah yang mudah diakses dari berbagai macam arah. Ini buat jaga jaga misal ada salah satu jalan menuju rumah yang lagi macet atau diperbaiki maka kita masih bisa lewat jalan lainnya. Pilih rumah yang terjangkau jaraknya dari kantor, ya biar gak capek di jalan gitu...gak mau tua di jalan juga kan?. Atau juga bagi yang sudah punya anak, pilih rumah yang jaraknya dekat dengan kantor dan sekolah anak.

- Lihat lingkungan di sekitar rumah kamu. Lingkungan di sekitar rumah berpengaruh banget buat kenyamanan kita loh. Misal kita tinggal di rumah yang rawan maling kan kita was was terus ya. Atau kita tinggal di lingkungan yang rame bingits yaitu pinggir jalanan kan gak enak juga ya istirahat kita bisa keganggu. Jadi carilah lingkungan yang menurutmu nyaman, tenteram, dan aman. Bagi yang muslim yang pengen tinggal di lingkungan yang islami sekarang banyak juga kok perumahan islami. Kalo aku sih masih milih perumahan yang umum ya alias multikultural karena aku pengen ngajarin ke anak anakku nanti tentang keaneka ragaman dan kebersamaan.

- Perhatikan spesifikasi dari rumah yang akan kamu beli. Nah ini poin penting juga untuk diperhatikan. Waktu survey rumah jangan lupa baca di brosurnya atau tanya ke marketing nya tentang spec dari rumah kamu. Hal hal penting yang harus diperhatikan ialah apakah memakai bata merah atau batako? harga rumah dengan bata merah emang lebih mahal karena lebih kokoh dan memungkinkan kita untuk merenovasinya menjadi dua lantai. Gentengnya kualitasnya gimana, merk cat dan lantai yang digunakan?, air nya uda pdam atau masih air sumur?, SHM atau SHGB?

- Cek budget kamu. Nah ini paling krusial ya kak, sesuaikan harga rumah dengan budget ya. Terutama lagi karena kita harus bayar booking fee dan DP dulu ya untuk beli rumah.

- Lihat fasilitas yang ada di perumahan. Ini merupakan penunjang kehidupan kita selama tinggal di rumah tersebut ya. Misal kayak angkutan umum yang lewat di sekitar perumahan, fasilitas apa aja yang ada dalam perumahan seperti jogging track, pool, atau tempat ibadah, dll.

- Lihat keadaan geografis rumah. Perlu dicek juga apakah rumah kita adalah rumah langganan banjir, atau rumah kita kontur tanah nya yang mudah longsor, atau tanah rumah kita dulu bekas rawa atau kebun karena ini mempengaruhi keadaan air di rumah kita.

Nah itu sekilas tips untuk memilih rumah, mungkin ada masukan yang lain bole lah dishare di sini. Semoga bermanfaat ya, sampai ketemu di edisi Mi Casa berikutnya tentang KPR, Biaya biaya, dan surat surat yang berkaitan dengan rumah...don't miss it!.

Seri Mi Casa lainnya : part 2part 3part 4part 5

post signature
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature