An urban lady diary

Beautypedia : Skincare Ingredients

on
Monday, December 21, 2015

Beautypedia : Skincare Ingredients

Skincare Ingredients Dictionary - Sejak kapan sih jadi penggila skincare? belum lama sih masih nubi banget lah bisa dibilang, baru sekitar dua tahun belakangan ini. Dulu banget jaman SMP SMA bahkan jaman kuliah masih suka suka gue banget lah masalah skincare ini. Kadang rajin makenya kadang cuma bersihin muka aja. Dan itupun asal beli aja skincare nya tanpa browsing dan teliti detail dari produknya. Padahal masa masa puber begitu butuh banget perhatian ekstra untuk kulit. Akibat masih suka pake produk bayi dan jarang pake sunblock, muka jadi kusam, jerewi di mana mana, muka jadi sarang komedo. Parah lah kulitku jaman puber sampai harus dibawa ke dokter. Setelah baikan dan mulai bertobat karena tekat untuk gak mau tergantung pada produk dokter, akhirnya skincare journey aku pun dimulai. Trial and error berbagai produk buat nemuin produk yang pas buat muka sendiri. Beauty goal ku sekarang bukan bisa make up ini itu tapi lebih ke gimana punya kulit sehat yang photo ready ketika bangun tidur tanpa perlu touch up big grin . Seru dan challanging banget lah, bisa jadi tambah pinter juga karena trial and error ini.

Nah biar kalian kalian semua gak salah dalam memilih produk skincare, sebaiknya baca dulu ingredient nya. Kadang judul dari suatu produk beda sama ingredients nya lho, terutama produk asian skincare yang kadang misleading judul produknya (istilah istilah dalam asian skincare dibahas di lain post ye). Berikut bahan bahan yang sering ditemukan dalam skincare, gak semua sih tapi hope it help.

- Alpha Hydroxy Acids (AHAs)

AHA ini dapat membantu menyamarkan garis garis halus, pigmentasi, bintik bintik, dan dapat mengecilkan pori pori pada kulit. Efek samping penggunaannya yaitu iritasi ringan dan meningkatnya sensitivitas. Biasanya dianjurkan ketika menggunakan produk yang mengandung AHA maka jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen tiap harinya. Bagi pemula sebaiknya menggunakan dari konsentrasi yang paling terkecil terlebih dahulu. Biasanya terdapat pada produk produk exfoliator yang dapat membantu regenerasi sel sel pada permukaan kulit agar terlihat lebih kinclong dan tampak muda.

- Beta Hydroxy Acid (BHA / Salicylic Acid)

Dapat membantu menghilangkan kulit mati dan dapat memperbaiki tekstur dan warna kulit rusak karena sinar matahari. Products contain with this are already available over the counter but also some products need doctor prescription . Biasa terdapat pada produk exfoliator. This product is also used to treat acne.

-Citric Acid

AHA dan astringent dengan antioksidan; digunakan untuk membantu memaintain kulit pada pH naturalnya.

- Hydroquinone

Produk perawatan kulit yang mengandung hydroquinone sering disebut krim pemutih. Produk perawatan kulit ini digunakan untuk meringankan hiperpigmentasi, seperti bintik-bintik usia dan bintik-bintik gelap yang berhubungan dengan kehamilan atau terapi hormon. Tapi setahu saya produk produk yang mengandung ini sudah dilarang ya penggunaannya di negara kita karena dianggap berbahaya.

- Kojic Acid

Digunakan untuk pengobatan masalah pigmen dan bintik-bintik usia. Ditemukan pada tahun 1989, asam kojic bekerja mirip dengan hydroquinone. Kojic acid berasal dari jamur dan penelitian telah menunjukkan bahwa Kojic Acid efektif sebagai agen pencerah, memperlambat produksi melanin.

- Glycolic Acid

Fungsinya sama seperti AHAs.

- Retinol

Retinol berasal dari vitamin A dan ditemukan di banyak produk anti aging. Nama dagang yang dikenal di pasaran ialah RetinA, Vitacid, Stieva A, Renova, dll. Cara kerjanya ialah dengan meningkatkan turnover kulit, memicu produksi kolagen, menghilangkan sel kulit mati, and it also pumps up circulation by increasing blood vessel formation sehingga kulit tampak lebih sehat. Ada anjuran sebaiknya yang lagi program hamil atau ibu hamil menghindari produk ini.

- L-Ascorbic Acid

Ini adalah satu-satunya bentuk vitamin C yang harus Anda cari dalam produk perawatan kulit Anda. Vitamin C adalah antioksidan yang sudah terbukti merangsang sintesis kolagen, mengurangi garis-garis halus, bekas luka, dan keriput.

- Hyaluronic Acid

Produk perawatan kulit yang mengandung bahan ini sering digunakan dengan produk vitamin C untuk membantu penetrasi yang efektif. Bahan ini juga dikenal sebagai glikosa amino yang sering disebut sebut karena kemampuannya untuk menghambat penuaan. Produk perawatan kulit dengan asam hyaluronic paling sering digunakan untuk mengobati kulit keriput.

- DMAE (Dimethylaminoethanol)

DMAE dalam produk perawatan kulit dapat mengurangi garis halus dan kerutan. This ingredient can give the skin a tone and firm appearance. DMAE can cause a tingling sensation which is normal and how it feels when it is working.

- Glycerin

Berasal dari minyak nabati yang membantu mempertahankan kelembapan kulit.

- Vitamin B

Vit. B1 (Thiamine HCI) : merupakan anggota vit B kompleks. Berguna untuk kelembapan kulit.
Vit. B2 (Sodium Riboflavin Phospate) : Meningkatkan kelembapan pada kulit dan dapat memerangi penampakan keriput.
Vit. B3 (Niacinamide) : Dapat mencerahkan, meningkatkan kelembapan dan elastisitas, dan membantu mengontrol sebum pada kulit.
Vit. B5 (Panthenol) : Berguna untuk kelembapan kulit.
Vit. B6 (Pyrodoxine HCI) : Berguna untuk kelembapan kulit.
Vit. B7 (Biotin) : Berguna untuk kelembapan kulit.
Vit. B12 (Cyanacobalamin) : Berguna untuk kelembapan kulit.

- Vitamin C

Merupakan antioksidan dan digunakan untuk membantu memerangi garis garis halus pada wajah.

- Vitamin E

Merupakan antioksidan dan berguna untuk menjada kelembapan.

- Ceramide

Seiring dengan bertambahnya umur, kulit kehilangan kelembapannya. With this ceramide can make up the lipids in the extracellular cement that binds together cells in the outermost skin layer.

- Wine (Polydatin) Extract

Berfungsi untuk antioksidan dan anti aging.

- Sulfur

Komponen mineral penting dari vitamin B1 dan beberapa asam amino esensial. Sulfur sangat diperlukan untuk produksi kolagen. Biasa digunakan untuk perwatan jerawat. Sulfur dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan memperlambat aktivitas kelenjar minyak. Sulfur dapat menyebabkan sensitivitas ringan dan reaksi alergi, dan dapat mengiritasi mata. Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi.

- Squalane

Berfungsi untuk melembapkan. Berasal dari buah zaitun.

- Grape Seed (Vitis Vinifera) Extract

Berfungsi untuk antioksidan dan anti bakterial.

Nahhh seru kan bacanya, hihihi. Ngomongin skincare emang bikin ketagihan lah. Gak ada ruginya lah ngomongin skincare ini malah bisa jadi pembelajaran buat kita untuk ngerawat kulit kita sendiri. Yang paling tahu kondisi kulit kita ya kita sendiri kan. Makanya mulai sekarang gali terus ilmu per skin care an ini. Sampai ketemu di post skincare selanjutnya.

This written based on my references : here , here , here , here , here , here .




post signature
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature