An urban lady diary

Mi Casa (Part 3) : Renovasi Rumah

on
Monday, April 11, 2016

Home

Renovasi rumah - Yap setelah lama hiatus gak nulis nulis akhirnya kesampaian juga mau nulis seri mi casa berikutnya. Gak perlu basa basi lagi kali yak, langsung aja deh ngomongin serba serbi renovasi rumah dan plan isi rumah untuk seri ke tiga mi casa. Renovasi rumah ini terkadang jadi momok buat kita kita ibu rumah tangga maupun para single ladies yang uda punya rumah *duileeee*. Gimana gak coba...kan biaya renov rumah ini bisa menguras habis pemasukan kita dan memangkas untuk keperluan lainnya. Jadi ya harus pinter pinter manage keuangannya ya biar lancar damai sentosa. Ngaruh banget loh ini di ketentraman hati, kalo hati gak tentram bisa bisa kerjaan gak beres, kalo kerjaan gak beres bisa dimarahin bos endebra endebre. Nah kan panjang buntutnya. Makanya harus dipikirin dan direncanain matang matang. Jangan lupa aku ingetin untuk pay attention to the details plissss!.

Pertama yang harus dilakukan ialah kamu harus tahu yang kamu pengenin ketika kamu renov rumah. Kalo bisa kamu uda punya grand design buat rumah kamu. Dari desain tadi berlanjutlah ke grand plan. Grand plan ini lebih ke step step yang akan kamu lakuin buat eksekusi desain tersebut disertai dengan timeline dan estimated cost yang jelas plus projected budget kamu. Kalau perlu kamu uda tentuin item item yang kamu pengen dan survey harganya. Sertakan komparasi dari hasil survey kamu. Dalam grand design ini yang perlu dimasukkan apa aja sih?? diantaranya bagian bagian mana saja yang mau di renov, item item apa aja yang akan mengisi rumahmu serta tata letaknya harap digambarkan secara jelas. Why oh why karena ini mempengaruhi letak colokan juga which is jika nambah tempat colokan bisa terjadi penambahan biaya. Ketika kamu survey item yang kamu pengenin jangan lupa ukurannya ya supaya bisa digambarkan dengan jelas di grand design kamu.

renovasi rumah
Contoh survey perbandingan item yang diinginkan
Kedua it's time to look for Bob the builder, wkwkwk. Iyes sekarang kamu harus cari tukang buat renov nya. Kalo cari tukang usahakan yang ngerti sama struktur bangunan kamu ya jeung. Karena kalo gak tau bisa bisa dia gak rapi atau salah waktu renov. Yang ada malah ntar kita gondok dan nambah biaya yang lain lagi. Setelah tahu tukang mana yang mau renov minta quotation atau estimasi biaya dari tukang tersebut untuk bahan pertimbangan kita apakah masuk budget atau gak dan bisa jadi bahan komparasi dengan tukang lainnya. Ada tukang yang kasi harga renov per meter dan ada tukang yang kasi harga per pekerjaan. Kalau dalam kasusku dulu harga per pekerjaan lebih murah ketimbang dihitung per meter. Jangan malas juga tanya detail ke tukangnya bahan bahan apa aja yang akan dia pakai. Kalau bahan bahan dari kita berarti perlu disusun lagi yang rinci. Atur timeline pekerjaan si tukang juga, bicarakan deadline pekerjaan dengan jelas. Kasi gambaran secara jelas dan rinci tentang keinginan desain kita, siapa tau dia ada masukan masukan yang yahud.

Ketiga, monitoring terus hasil kerjaan si tukang. Jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita jelaskan ke tukang tadi dan mintalah perubahannya. Mending berubah di tengah tengah daripada uda kelar semua baru berubah. Ingat juga jangam jadi miss plin plan, usahakan desain yang dikasi ke tukang uda fix ya, jangan gonta ganti melulu. Lama lama si tukang juga kezellll.

Renovasi rumah ini emang menguji kesabaran kita deh. Sabar gak shopping sneaker atau heels yang kece, sabar gak klak klik add to cart buat tas yang cantik itu, dan yang jelas sabar sama si tukang nya...ahahahah. Semoga tips yang singkat nan padat ini berguna dan bisa jadi bahan masukan. Sukses untuk kita semua! big grinbig grinbig grin

Seri Mi Casa lainnya : part 1part 2part 4, part 5



post signature
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature